MUNAQOSYAH

 

BAB VII

MUNAQASYAH ALQURAN METODE UMMI


A.    LATAR BELAKANG MUNAQASYAH

1.      Adanya perbedaan kualitas bacaan Alquran siswa yang meng-gunakan Metode Ummi di lembaga/sekolah yang menggunakan Metode Ummi.

2.      Pentingnya menjaga standardisasi kualitas bacaan Alquran siswa yang menggunakan Metode Ummi.

3.      Perlunya kontrol kualitas pembelajaran Alquran Metode Ummi kepada lembaga yang menggunakan Metode Ummi.

4.       Pentingnya evaluasi hasil akhir dari pembelajaran Alquran bagi lembaga/sekolah yang menggunakan Metode Ummi.

 

B.     TUJUAN MUNAQASYAH

1.      Untuk mengetahui kualitas bacaan Alquran siswa di sekolah/lem-baga yang menggunakan Metode Ummi.

2.      Sebagai bentuk evaluasi dari proses pembelajaran Alquran di lembaga/sekolah yang menggunakan Metode Ummi.

3.      Untuk memastikan setiap siswa yang belajar Alquran Metode Ummi bacaannya sudah standar.

 

C.    SYARAT-SYARAT MUNAQISY/PENGUJI

1.      Bagus dalam membaca dan menyimak bacaan Alquran;

2.      Memahami seluruh materi buku Ummi dari jilid 1—6, Ghoroibul Qur’an, dan Tajwid Dasar;

3.      Telah mempunyai pengalaman mengajar sebagai guru Alquran, khususnya mengajar Metode Ummi (minimal 2 tahun);

4.      Lulus seleksi sebagai Munaqisy Alquran Metode Ummi;

5.      Mengikuti TFT (Training for Trainer) Munaqisy Alquran Metode Ummi;

6.      Mempunyai komitmen yang baik;

7.      Mempunyai waktu yang banyak untuk melakukan Munaqasyah siswa;

8.      Bisa bekerja sama dalam sebuah tim.

 

D.    JOBDESK MASING-MASING MUNAQISY

1.      Melakukan Munaqasyah/pengujian pada siswa sesuai dengan bidang materi yang diujikan.

2.      Memberikan penilaian hasil Munaqasyah dan menuliskan pada lembar penilaian Munaqasyah.

3.      Merekap hasil Munaqasyah dan memberikan pada panitia dan koordinator Munaqasyah.

4.      Memberikan evaluasi hasil Munaqasyah pada koordinator Munaqasyah terhadap siswa yang lulus dan yang tidak lulus Munaqasyah.

5.      Memberikan rekomendasi pada koordinator Munaqasyah terkait dengan tindak lanjut hasil Munaqasyah.

 

E.     JOBDESK KOORDINATOR MUNAQISY

1.      Melakukan koordinasi dengan Munaqisy terhadap hasil Munaqasyah masing-masing materi ujian.

2.      Merekap hasil Munaqasyah dari masing-masing Munaqisy dan memberikan pada panitia atau koordinator Alquran di lembaga/sekolah.

3.      Memberikan laporan hasil Munaqasyah pada koordinator di lembaga/sekolah terhadap siswa yang lulus dan yang tidak lulus Munaqasyah.

4.      Memberikan rekomendasi pada koordinator lembaga/sekolah terkait dengan tindak lanjut hasil Munaqasyah.

5.      Membuat laporan secara tertulis hasil pelaksanaan Munaqasyah Alquran dan memberikannya pada Ummi Foundation dan lembaga/sekolah setelah mendapat rekomendasi dari Kabag Tashih dan Supervisi Ummi Foundation.

 

F.      MATERI MUNAQASYAH

Materi Munaqasyah meliputi

1.      Untuk sekolah formal (TK-SD-MI), materi Munaqasyah sebagai berikut,

a.      Fashohah;

b.      Tartil Alquran;

c.       Ghoroibul Qur’an;

d.     Tajwid Dasar;

e.      Hafalan surat-surat pendek.

2.      Untuk non formal (TKQ-TPQ-Privat), materi Munaqasyah sebagai berikut,

a.      Fashohah;

b.      Tartil Alquran;

c.       Ghoroibul Qur’an;

d.     Tajwid Dasar;

e.      Hafalan surat-surat pendek;

f.        Hafalan doa sehari-hari;

g.      Praktik Wudhu;

h.      Praktik Sholat.

 

KRITERIA & SKOR MASING-MASING PENILAIAN

No.

Materi Uji

Penilaian

Skor Maksimal

Total Nilai

1.

Fashohah

1.     Muro’atul Huruf

2.     Muro’atul Harakat

3.     Muro’atus Shifat

4.     Volume Suara

4

3

2

1

10

2.

Tartil

1.     Muro’atul Tajwid

2.     Muro’atul Kalimat

3.     Kelancaran

4.     Nafas

5.     Waqaf

3

3

2

1

1

10

3.

Ghoroibul Qur’an

1.     Membaca Ghorib

2.     Komentar Ghorib

6

4

10

4.

Tajwid Dasar

1.     Teori Ilmu Tajwid

2.     Menguraikan Ayat

5

5

10

5.

Hafalan Surat-Surat Pendek

1.     Surat Al-Fatihah

2.     Surat Al-‘A’la s.d. An-Naas

1

9

10

6.

Hafalan Doa Sehari-Hari

1.     D. Masuk & Keluar Masjid

2.     D. Akan & Selesai Makan

3.     D. Masuk & Keluar Kamar Kecil

4.     D. Masuk & Keluar Rumah

5.     D. Akan & Bangun Tidur

6.     D. Bercermin

7.     D. Naik Kendaraan

8.     D. Untuk Kedua Orang Tua

9.     D. Kebaikan Dunia Akhirat

10. D. Sesudah Adzan

11. D. Qunut

1

1

1

 

1

1

½

½

1

1

1

1

10

7.

Praktik Wudhu

1.     Niat

2.     Membersihkan Tangan

3.     Berkumur-kumur

4.     Membasuh Wajah

5.     Membasuh Tangan s.d. Siku

6.     Mengusap Kepala

7.     Membasuh Telinga

8.     Membasuh Kaki—Mata Kaki

9.     Tertib

10. Doa Setelah Wudhu

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

10

8.

Praktik Sholat

1.     Niat & Takbiratul Ihrom

2.     Doa Iftitah

3.     Al-Fatihah

4.     Bacaan Surat Pendek

5.     Ruku’ & Doa Ruku’

6.     I’tidal & Doa I’tidal

7.     Sujud & Doa Sujud

8.     Duduk di antara 2 Sujud & Doa

9.     Tahiyat Akhir & Doa

10. Salam

1

1

1

1

1

1

1

1

 

1

1

10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ummibatu

Tashih Ummi Batu

 Program Tashih         Alhamdulillah hari ini Ahad, 18 Agustus 2024. Telah terlaksana program Tashih oleh ummi batu di Arrohmah Putra oleh ...